Kepentingan Indonesia dalam Kerjasama Maritim Indonesia-China

Oleh: Goldy Evi Grace Simatupang

1.   Pendahuluan

China, disengaja atau tidak, saat ini adalah media darling. Media darling adalah istilah dalam jurnalistik untuk menggambarkan seseorang atau perusahaan atau organisasi tertentu yang mendapat perhatian lebih dari media dan segala sesuatu tentangnya mendapat perhatian serius dan diliput secara luas. Lihat saja, berita apapun tentang China menjadi menarik, mulai dari masalah politik, keamanan, teknologi informasi, ekonomi, sampai pada masalah HAM. Ini tentu saja bisa dipahami sebab saat ini China tumbuh menjadi negara yang bangkit — dengan peaceful risenya — menjadi negara yang paling kuat di kawasan bahkan menjadi negara yang sangat diperhitungkan dalam politik internasional.

Masalah maritim China tidak luput dari pemberitaan media, misalnya sengketa teritorial China dengan Jepang, Korea Selatan, dan beberapa negara ASEAN di Laut China Selatan. Selain itu, Sea Lanes of Communications (SLOC), Sea Lanes of Trade (SLOT), Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) Indonesia menjadi perhatian utama negara-negara berkepentingan seperti AS dan China. Oleh karena itu Indonesia dituntut untuk meningkatkan  keamanan maritim di dan lewat jalur strategis kepulauan Indonesia.

Maaf untuk membaca full akses konten dalam format post artikel silahkan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota milist FKPM –> D A F T A R

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Scroll to top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap