Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Perlunya Indonesia Membangun Intelijen Keamanan Maritim

Oleh:
Rendy Suhardiman
(rendy_suhardiman@yahoo.com)

Abstrak :

Poros Maritim Dunia adalah sebuah visi yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur, di Naypyidaw, Myanmar tanggal 13 November 2014.Sebagaivisinasional maka visi tersebut harus mampu direalisasikan dalam kehidupan nyata untuk kemakmuran bangsa Indonesia. Visi Poros Maritim Dunia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo adalah agar Indonesia dapat kembali menjadi negara maritim besar yang disegani baik pada kawasan Asia Tenggara, Asia Pasifik bahkan dunia. untuk itu dalam mencapai visi tersebut perlu strategi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia salah satunya adalah strategi pertahanan maritim yang nantinya strategi tersebut akan dijabarkan dengan pembentukan sebuah lembaga bernama Intelijen Keamanan Maritim. Intelijen Keamanan Maritim ini diharapkan dapat mengamankan seluruh wilayah kedaulatan perairan Indonesia baik itu menyangkut pelayaran, navigasi hingga kepada pengamanan sumber daya alam yang ada di perairan Indonesia untuk selanjutnya kita pergunakan untuk kemakmuran bangsa Indonesia.
Kajian ini akan difokuskan kepada makna dari Poros Maritim Dunia yang kemudian wujudnya adalah menjadi Negara Maritim serta untuk merealisasikan visinya maka perlu sebuah Intelijen Keamanan Maritim yang mampu mengamankan seluruh wilayah kedaulatan perairan Indonesia.

Read More: Quarterdeck September 2016 pada halaman #1

Maaf untuk membaca full akses konten dalam format post artikel silahkan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota milist FKPM –> D A F T A R

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Scroll to top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap