Akankah Indonesia Terseret dalam Konflik di Laut China Selatan?

Oleh: Willy F. Sumakul

War  is a continuation  of  Politics  by other  means.

                                                                                           Carl Von Clausewitz

1. Latar belakang

Selain  kawasan Timur Tengah perhatian dunia saat  ini banyak tertuju  ke perairan Laut China Selatan (LCS)  suatu kawasan  laut semi enclosed  (menurut ketentuan dalam UNCLOS 1982) karena   menyimpan potensi konflik yang begitu besar. Potensi konflik kawasan ini  dapat diamati dari beberapa faktor dasar, yaitu pertama posisi geografisnya. LCS dikelilingi oleh 10 negara pantai sehingga memungkinkan terjadinya perebutan pengaruh satu dengan lainnya, sedangkan enam dari negara-negara tersebut yakni China, Vietnam, Malaysia, Taiwan, Philipina dan Brunei Darussalam, (selanjutnya kita sebut claimants) mengklaim kedaulatan atas beberapa pulau dan perairan sekitarnya. Klaim ini secara  geografis ternyata tumpang tindih satu sama lainnya, hal ini dimungkinkan karena memang sulit untuk menarik garis perbatasan wilayah di laut, berbeda dengan di daratan.

Maaf untuk membaca full akses konten dalam format post artikel silahkan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota milist FKPM –> D A F T A R

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
purnomo agus
purnomo agus
6 years ago

untuk indonesia , kombinasi S35 , kilo , S 300 dan rudal bramos sdh cukup untuk membuat bahkan cina sekalipun akan berfikir panjang untuk melakukan konflik dgn indonesia , yg jelas bila cina sampai berusaha mengganggu indonesia , Australia adalah negara pertama yg akan membantu indonesia karena untuk australia , indonesia adalah halaman depan rumah mrk dan.juga yg pasti , amerika akan menyusul .

Scroll to top
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Share via
Copy link
Powered by Social Snap