INDONESIA DAN KEAMANAN MARITIM

Oleh : Willy F. Sumakul

 

1. Pendahuluan

Letak geografis serta konfigurasi alamiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), telah mengharuskan Indonesia memiliki kepentingan yang sangat besar dalam masalah Keamanan Maritim. Hal-hal mendasar dalam kaitan ini adalah bahwa NKRI dibentuk oleh 17.448 buah pulau besar dan kecil, luas wilayah 2.7 (+3.1) juta km2, berbatasan laut dengan sepuluh negara tetangga, dan berbatasan daratan dengan tiga negara, memiliki panjang pantai kira-kira 81.000 km, memiliki tiga Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) Utara Selatan, serta beberapa buah Choke Points (Alur pelayaran yang sempit dan penting) sebagai jalan masuk dan keluar. Dapat dipahami dengan kondisi Negara seperti ini, menuntut Indonesia memiliki sejumlah besar aset dengan biaya operasional yang besar terkait dengan Keamanan Maritim. Aset yang dimaksud mempunyai pengertian yang luas, tidak hanya mencakup hardware berupa alat utama sistem senjata dan pendanaan, tetapi juga meliputi Kebijakan Pemerintah, strategi, management, tatanan hukum dan peraturan serta penyiapan sumber daya manusia.

 

2. Keamanan Maritim  dalam kaitan dengan Kepentingan Nasional Indonesia.

Sama halnya dengan Negara-negara berdaulat didunia, Indonesia juga mempunyai Kepentingan Nasionalnya  (National Interests) sendiri , yang secara tertulis telah dituangkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No 7 tahun 2008 Tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara yang dibagi dalam tiga strata  dan yaitu Mutlak, Penting dan Pendukung. (Catatan: Mengapa dalam bentuk PerPres? Perlu kajian lebih lanjut). Sebagai contoh yang termasuk Penting adalah; integritas, kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara, serta pencapaian Kemakmuran Ekonomi bangsa dan rakyatnya. Bagi banyak Negara National Interest merupakan “The Ultimate Goal Of A nation” yang dapat diartikan bahwa seluruh potensi bangsa dan Negara (all the National Power of the State) harus diarahkan untuk mencapainya. Tidak ada lagi komitmen bangsa yang lebih tinggi dari itu, suatu komitmen yang tegas, jelas dan mengikat, yang secara sederhana bisa diartikan; jika ada pihak lain yang ingin mengganggu atau bahkan merampas Kepentingan tersebut, Negara siap berperang untuk mempertahankannya. Dalam hirarki pengambilan keputusan Nasional yang dianut oleh Negara-negara besar/maju, Kepentingan Nasional kemudian dijabarkan ke dalam Tujuan Nasional (National Objectives), kemudian dari sini disusunlah apa yang disebut Strategi Keamanan Nasional (AS: National Strategy) yang pilar-pilar utamanya adalah: Politik,  Ekonomi dan Militer (PEM).

Jadi Keamanan Nasional tidak lain adalah kebijakan pemerintah  yang mengarahkan segenap potensi bangsa untuk mencapai Kepentingan Nasional. Bagi Negara maritim dari sinilah kemudian diturunkan konsep Keamanan Maritim (Maritime Security), sehingga jelas kelihatan bahwa Keamanan Maritim merupakan sub-ordinat dari Strategi Keamanan Nasional. Mengambil contoh di AS, mereka mempunyai konsep The National Strategy for Maritime Security, yang terakhir diterbitkan oleh pemerintah pada bulan September 2005.

Baca lebih jauh : Quarterdeck Edisi Maret 2016

Maaf untuk membaca full akses konten dalam format post artikel silahkan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota milist FKPM –> D A F T A R

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ruth Aprillia
Ruth Aprillia
3 years ago

Selamat Malam.
Mohon izin Pak,Izin memperkenalkan diri Nama Ruth Aprillia, semester 2 Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga&Kepelabuhanan di Sekolah Tinggi Maritim “AMI”. Mohon izin Pak,jika diperkenankan untuk magang di Bulan Agustus,berhubung libur akhir semester.Terima Kasih Pak.
Selamat Malam.

Amel
Amel
3 years ago
Reply to  Ruth Aprillia

Selamat siang,

Halo Ruth, saya Amelia staf FKPM. Terima kasih atas perhatian dan ketertarikannya, namun mohon maaf, FKPM tidak lagi membuka kesempatan magang. Silahkan mencari alternatif di kementerian atau institusi terkait lainnya ya. Semoga sukses.

Salam,
Amel

Scroll to top
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Share via
Copy link
Powered by Social Snap