Pengertian strategic (strategic insight) tentang poros Maritim.

Oleh: tim FKPM.

 

Pendahuluan

 

Keprihatinan FKPM dengan belum hadirnya “long long road-map” NKRI sebagai poros PMD & TL [1], merupakan kesan dan kesimpulan dari beberapa kali pertemuan, diskusi maupun FGD dikalangan terbatas, meski PMD & TL sudah dideklarasikan kl 2 tahun ini. FKPM sebenarnya sudah mengupayakan dengan menayangkan draft model outcome negara maritim seperti gambar di-bawah ini.

Gambar .Model keputusan membangun negara maritim atau model poros maritim.

model poros maritim

Perhatikan:bahwa produk semua elemen domain maritim yang begitu banyaknya, harus diutilisasikan pemerintah bagi sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat dinegara maritim dan dapat dinikmati oleh seluruh rakyat (sebagai outcome negara maritim).

Meskipun sudah ada arahan positif tentang poros maritim dunia dan tol laut oleh Presiden[2], namun “road-map” tersebut sebagai puncak harapan wajar publik terhadap keseriusan pemerintah nyatanya masih belum pernah hadir—peta petunjuk pelaksanaan melalui poros maritim dunia dan tol laut menuju negara maritim. Bahkan[3] pubik diluar-pun masih mempertanyakan kejelasan agenda ini. Bisa saja timbul prokon definisi  maritim[4] (literatur asing dimana-mana selalu menyebut “maritime domain”[5]); namun masih perlukah(?) diatur pemerintah, mestinya dengan “rule of thumb”[6] bisa mengadop definisi yang sudah diberlakukan lama oleh negara maritim lainnya—mengapa harus menunggulama? Di-sadari bahwa tidak ada negara lain yang memiliki elemen domain maritim selengkap dan sebanyak RI.

Baca lebih jauh : Quarterdeck Edisi Mei 2016

Maaf untuk membaca full akses konten dalam format post artikel silahkan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota milist FKPM –> D A F T A R

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copyright © 2020 Forum Kajian Pertahanan dan Maritim. 
Scroll to top
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Copy link
Powered by Social Snap