Perlunya suatu “Navy League” di Indonesia

Oleh  Willy F. Sumakul

 Latar belakang

Pemikir Angkatan Laut modern Admiral A.T. Mahan, mengatakan bahwa suatu negara maritim bila ingin menjadi kuat dan makmur,  haruslah membangun suatu Angkatan Laut yang besar pula. Syarat penting lain adalah adanya karakteristik pemerintahnya yang harus berorintasi pada maritim dimana program-program pembangunannya banyak bertumpu pada pemberdayaan sumber daya yang berkaitan dengan maritim. Paham Mahan ini sejak dicetuskan beberapa puluh tahun yang lalu, masih sangat relevan hingga saat ini bahkan mungkin sampai masa depan. Banyak negara maritim besar yang kita saksikan dewasa ini menganut paham Mahan ini, bahkan China sekarang sedang giat melaksanakan pembangunan Angkatan Lautnya, sebagai implementasi dari kesadaran akan letak dan konfigurasinya sebagai negara maritim. Asumsinya adalah, Angkatan Laut yang besar dan kuat dengan sendirinya akan menjamin keamanan pembangunan ekonomi dan perdagangan utamanya pemberdayaan sumber daya dari laut dan mengamankan jalur perdagangan lewat laut (SLOC).

Maaf untuk membaca full akses konten dalam format post artikel silahkan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota milist FKPM –> D A F T A R

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Frederick I. Hermawan
Frederick I. Hermawan
6 years ago

Sudah cape rasanya saya menulis artikel dan makalah sejak saya kadet tahun 1969 sampai pensiun sebagai dosen di akademi maritim beberapa tahun lalu yang mengemukakan pentingnya kita kembali ke jatidiri sebagai bangsa bahari, namun itu ibarat teriakan di padang pasir, para penentu policy hanya mengangguk-angguk saja pada waktu seminar atau lokakarya, setelah itu segala macam artikel dan makalah yang disampaikan hanya masuk laci saja. Tidak usah jauh-jauh, lihat realisasi pembentukan Indonesian Coast Guard yang sudah diamanatkan oleh undang-undang saja sampai sekarang masih di awang-awang. Para penentu policy masih belum menganggap pentingnya sektor maritim, dianggap sektor maritim hanya sekadar pelengkap dari… Read more »

Scroll to top
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Share via
Copy link
Powered by Social Snap